Lagi sakit mata, awal cerita 2 hari yg lalu gi mandi mata kecolok sama jari mpe 2x trus pas tidur terasa gatal so kucek” n di pagi hari saat bangun mata berair n mpe skg “2 hari” mata berair baru hari ini mata merah. itu gambar di atas obat tradisional n modern yg lagi ane coba pakai tuk pengobatan “smoga cepet bisa menyembuhkan” tidak lupa doa ke Allah Swt :)

Info dari search engine n temen” yg dah pernah sakit mata, sakit mata bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti infeksi bakteri, virus atau degeneratif. Jika penyakit mata disebabkan oleh virus, maka hal ini bisa menular seperti halnya orang terkena influenza.

Sakit mata biasanya ditandai dengan mata memerah, berair, belekan, mata menjadi gatal-gatal, silau jika melihat cahaya yang terang serta terkadang disertai dengan rasa sakit kepala saat menunduk. Sakit mata bisa terjadi di kedua mata atau hanya salah satu saja.

Sakit mata yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Jika disebabkan oleh virus biasanya mata terasa gatal dan kotoran mata bercampur dengan cairan. Sedangkan jika akibat bakteri maka cairan yang keluar lebih berwarna putih, sering mengeluarkan kotoran dan terasa sakit atau nyut-nyut.

Berbagai cara mengobati sakit mata :

Mengobati sakit mata bisa dengan ramuan pegagan juga bisa memakai daun bunga melati untuk mengurangi rasa sakit pada mata ini. atau juga bisa menggunakan daun sirih dengan cara di bersihkan terlebih dahulu setelah itu di teteskan ke mata.

Bila ke dokter “sangat di anjurkan” akan diberikan salep mata dan antibiotik. Salep mata ini juga bagus dan cepat untuk mengobati sakit mata, di antara saleb mata adalah :

  • chloramphenicol ( Ikamicetin®, Spersanicol®, Reco®)
  • gentamicin sulfat ( Garamycin®, Garexin®)
  • tetracycline HCl ( Ikacycline®)
  • acyclovir ( Zovirax®)
  • neomycin sulfat ( Nebacetin®, Kenetrol®)
  • erlamycetin
  • oxytetracycline

Dan untuk mereka yg tidak sakit mata. Seperti dikutip dari eHow, Selasa (23/2/2010), ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar terhindar dari sakit mata, yaitu:

  1. Menghindari menyentuh mata setelah bepergian atau menyentuh barang-barang orang yang sakit mata. Biasakan untuk selalu mencuci tangan terlebih dahulu atau menggunakan cairan pembersih tangan sebelum menyentuh mata.
  2. Menghindari berbagi barang pribadi seperti handuk, kacamata, sapu tangan, perias mata atau lensa kontak dengan orang lain.
  3. Sebaiknya tidak mengucek-ucek mata tanpa mencuci tangan terlebih dahulu untuk mencegah goresan mata dan infeksi dari kuman yang mungkin menempel di tangan, karena tangan tidak selalu berada dalam kondisi steril.
  4. Menggunakan pelindung mata seperti kacamata jika berada di tempat-tempat yang berisiko tertular sakit mata atau jika sedang mengendarai sepeda motor agar tidak terkena debu atau angin yang dapat menyebabkan iritasi.
  5. Memperhatikan kebersihan dari kacamata atau lensa kontak yang digunakan.

Note : biarpun lagi sakit tapi berharap masih bisa berguna walaupun dengan coretan ini.

Update Penting : Akhirnya Mata Sembuh dan sehat/normal kembali setelah memakai obat tetes mata : CENDO XITROL “1 tetes sekali pakai sudah bisa di rasakan fungsinya, 1 tetes x 3 pemakaian sudah sembuh”

Related posts:

  1. Video Misteri sepasang mata di langit
  2. Adab di kala sakit : Abdullah Gymnastiar
  3. Mandi dengan cara yang benar – Badan segar
  4. Sepuluh Cara Olahraga Otak
  5. 18 Trik UNIK Cara HACK Tubuh MANUSIA