Sekarang ini, kebanyakan virus menyebar yang melalui e-mail dan attachment email. Hacker juga menggunakan gerbang masuk lainnya. Daftar berikut ini menampilkan beberapa bahaya terbesar saat menjelajah di Internet.

Bahaya terbesar pada komputer saat menjelajah di Internet

ActiveX

ActiveX adalah teknologi yang dikembangkan oleh Microsoft untuk menjalankan program di dalam website. Program akan dijalankan dari browser dan setelah itu akan berjalan terus tanpa tergantung darinya. ActiveX merupakan bagian dari Windows, karena itu apa yang boleh untuk Windows juga boleh untuk elemen ActiveX.

Elemen ActiveX memiliki akses potensial ke dalam RAM, file-system dan koneksi jaringan komputer, serta bisa mengaktifkan fungsi sistem operasi. Sementara ini, dengan sertifikasi elemen ActiveX, potensi bahayanya menjadi sedikit berkurang. Namun, karena alasan kedekatannya dengan sistem operasi maka pengguna harus tetap berhati-hati. Oleh karena itu sebaiknya matikan ActiveX dalam Internet Explorer atau ganti browser Anda dengan Mozilla atau Opera.    

Adware

Adware hampir sama dengan shareware. Sebagai pengganti biaya registrasi, Adware membiayai dirinya dengan tampilan iklan yang diambil dari Internet dan akan ditampilkan di komputer pemakai. Sayangnya, program-program Adware juga memberikan data tentang PC pemakai kepada perusahaaan iklan tersebut. Hal ini tidak dapat dihindari dengan konfigurasi keamanan browser.

Cara yang dapat menolong yaitu dengan menolak Adware atau dengan memakai software “Ad Aware” (www.lavasoft.de) atau “SpyBot – Search and Destroy” (www.safer-networking. org).

Blaster

W32.Blaster-Worm, disebut juga MS-Blaster karena ia bersarang di dalam komputer dengan nama MSBLAST.EXE. Worm memanfaatkan kelemahan Windows NT, 2000, dan XP untuk menyebarkan dirinya. Sebagai salah satu virus yang mematikan, Blaster tidak tergantung pada alat transportasi asing, melainkan dapat menyebarkan dirinya sendiri melalui jaringan mana saja.

Blaster akan mematikan (shut down) komputer dan setelah di-start ulang akan masuk ke dalam memori melalui perubahan registry. Setelah itu dalam interval waktu tertentu ia akan melakukan seranganserangan terhadap server Windows Update dari Microsoft di Internet. Microsoft menyediakan Windows-update yang akan menutup celah keamanan ini. Selain itu, dari produsen program antivirus tersedia tool yang dapat digunakan untuk membersihkan komputer yang terinfeksi oleh Worm.

Browser-Hijacking

Bagaimana mengetahui adanya browser-hijacking di komputer Anda? Ini dapat diketahui ketika browser mengaktifkan halaman awal atau halaman search engine yang bukan pilihan Anda. Biasanya cukup sulit untuk merestore konfigurasi browser semula. Seringkali ini berkaitan dengan iklan atau website yang berisikan pornografi. Browser- Hijacking dilakukan melalui ActiveX atau JavaScript. Program-program ini melakukan modifikasi pada registry untuk mengubah halaman awal browser. Pencegahan dapat dilakukan dengan memasang tool anti-spyware seperti Ad Aware atau SpyBot.

Java

Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Sun. Ada program Java yang tidak tergantung pada browser dan Java Applets yang hanya berjalan di dalam browser. Selain itu masih ada JavaScript yaitu bahasa script yang dikembangkan oleh Netscape yang juga hanya dapat dijalankan di dalam browser saja. Bahaya terbesar hadir dari Java Applets. Potensi bahayanya memang tidak sebesar yang dimiliki oleh ActiveX karena relatif “jauh” dari sistem operasi. Namun, tetap disarankan untuk mematikan Java di konfigurasi keamanan browser.

Semoga informasi otakkacau di atas menjadi pembelajaran dan waspada saat berselancar/menjelajahi berbagai macam hal di internet.

Related posts:

  1. Permasalahan pada komputer | Menangani masalah komputer
  2. Mempercepat koneksi internet
  3. Permasalahan dan mengatasai error "Chassis intruded, Fatal Error System Halted" pada komputer
  4. Percepat Startup pada windows
  5. Bebaskan Komputer dari Virus Conficker